Electrical Engineering Department

Menu

bismillah
Hidup itu indah hidup itu bahagia hidup itu bermakna ...ketika semua ditujukan untuk beribadah kepada ALLAH SWT

Rabu, 13 April 2016

On 03.57 by adnan   No comments


Fakultas : Teknik
Jurusan : Teknik Elektro
Kode Mata Kuliah : Sistem Kendali Lanjut
Kode Mata Kuliah : EIE612322
Jumlah SKS : 3
Semester/Status : VI / wajib
Jumlah Tatap muka : 16 kali pertemuan

Deskripsi  Matakuliah

Matakuliah ini mempelajari tentang sistem kendali mulai dari konsep sistem kendali, bagian sistem kendali, pemodelan sistem, state space model, simulasi sistem, respon sistem, stabilitas sistem, sistem kendali digital dan aplikasi sistem kendali.

Standar Kompetensi

Mahasiswa mampu merancang, menganalisa dan mengembangkan sistem kendali untuk aplikasi praktis dan penelitian..

KD
Indikator
Pengalaman Belajar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan
Ajar/Media
Assesmen
Mahasiswa mampu memahami prinsip dasar dari sistem kendali
Mahasiswa dapat::
  1. Mengambarkan diagram blok system kendali terbuka dan tertutup
  2. Menjelaskan fungsi masing-masing blok
  3. Membuat contoh aplikasi kendali
Mahasiswa  mendapat pengetahuan mengenai konsep dasar sistem kendali


Pendahuluan sistem kendali

1 kali pertemuan
(3 x 50 menit)

White board
Laptop dan LCD
Partisipasi dalam tugas kelompok, keakuratan hasil kerja  kelompok. (assesmen autentik)
KD
Indikator
Pengalaman Belajar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan
Ajar/Media
Penilaian
Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa dapat menjelaskan
 
Mahasiswa dapat:
1.Mampu menjelaskan pengertian instrumentasi
2. Mampu menjelaskan metode pengukuran besaran.
3. Mampu menghitung besaran listrik  
1.Mahasiswa mendapat pengetahuan tentang proses pengukuran

2. Mahasiswa menganalisis bagaimana dapat terjadi pengukuran

3. Mahasiswa berdiskusi mengenai aplikasi pengukuran listrik
1. Pengertian instrumentasi
2. Metode pengukuran.
3. Pengukuran besaran listrik
1 kali pertemuan
(2 x 50 menit)
Buku Ajar/ LCD dan Laptop
Tes tertulis (Bentuk pilihan jamak dan uraian)

Tugas individual

KD
Indikator
Pengalaman Belajar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan
Ajar/Media
Penilaian
Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa dapat menjelaskan cara kerja sensor dan tranduser
Mahasiswa dapat:
1.  Menjelaskan perbedaan sensor dan tranduser
2. Menjelaskan cara kerja sensor dan tranduser
3. Mampu menjelaskan aplikasi sensor dan tranduser
Mahasiswa mendapat peragaan mengenai cara kerja sensor serta berdiskusi mengenai aplikasi sensor yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
1. Pengertian sensor dan transduser
2. Macam-mcam sensor dan tranduser
3. Aplikasi sensor
1 kali pertemuan
(3 x 50 menit)
Buku Ajar/ Flipchart/LCD dan Laptop
Tes tertulis (Bentuk pilihan jamak dan uraian)

KD
Indikator
Pengalaman Belajar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan
Ajar/Media
Penilaian
Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat  merencanakan pengkondisi sinyal
Mahasiswa dapat:
1. Mampu menjelaskan pengkondisi sinyal
2. Mampu menerapkan pengkondisi sinyal
1. Pembelajaran dilakukan melalui  model belajar kooperatif  yaitu,  belajar melalui teman sejawat dalam kelompok dengan metode jigsaw.  
Pertama  mahasiswa berdiskusi dalam kelompok ahli kemudian melaporkan hasil diskusi dalam flipchart,  kemudian  mahasiswa dari kelompok ahli mengajarkan  model yang telah dipelajari  ke kelompok awal, kemudan kelompok awal   berdiskusi untuk membuat matriks langkah-langkah perencanaan pnegkondisi sinyal ke depan kelas.

2. Dosen membimbing mahasiswa  menyimpulkan langkah-langkah perencanaan pengkondisi sinyal yang akan dijadikan proyek tugas.  
1. Pengertian pengkondisi sinyal
2. Jembatan Whestone
3. Linearsasi
4. Scaling
5. Konversi
2 kali pertemuan
(2 x 50 menit)
Buku Ajar/ Bahan-bahan dari internet/Flipchart/ LCD/Laptop
Penilaian kinerja (assesmen auntentik)
KD
Indikator
Pengalaman Belajar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan
Ajar/Media
Penilaian

Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat merancang filter sesuai dengan kebutuhan

  1. Mampu menjelaskan fungsi filter
  2. Mampu merancang filter sesuai dengan aplikasinya
1. Mahasiswa  menanggapi   gambar  yang   ditayangkan  dosen dan menyimpulkan arti gambar tersebut

2.  Mahasiswa berlatih merumuskan  suatu masalah sfilter ecara kooperatif dalam kelompok kemudian  menempelkan hasil rumusan di flipchart.

3. Mahasiswa membandingkan tiap rumusan dan memberikan komentar individual  dalam  lembar kerja.    
  1. Low Pass Filter
  2. Band Pass Filter
  3. High Pass Filter
2 kali pertemuan
( 2x 50 menit)
Buku Ajar/ Bahan-bahan dari internet/Flipchart/ LCD/Laptop
Penilaian produk dan kinerja

KD
Indikator
Pengalaman Belajar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan
Ajar/Media
Penilaian


Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa dapat menjelaskan konversi data.

Mahasiswa dapat:
1. Menjelaskan ADC dan DAC
2. Merencanakan ADC dan DAC sesuai kebutuhan.

1. Mahasiswa  diberi persoalan mengenai konversi sinyal analog menjadi sinyal digital

2. Secara kooperatif bekerja dalam kelompok membuat solusi persoalam konversi sinyal.

1. Analog to Digital Converter (ADC)
2. Digital to Analog Converter (DAC)
2 x pertemuan
( 2 x 50 menit)

Buku Ajar, Flip chart, Lap top dan LCD

Penilaian kinerja

KD
Indikator
Pengalaman Belajar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan
Ajar/Media
Penilaian

Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa dapat memahami instrumentasi berbasis komputer
Mahasiswa dapat:
1. Menjelaskan komponen  instrumentasi berbasis komputer
2. Merencanakan instrumentasi berbasis komputer
1. Mahasiswa berlatih dalam kelompok unutk mengambarkan diagram blok instrumentasi berbasis komputer kemudian mempresentasikannya dalam flipchart.

2.  Setiap kelompok menilai  mutu perumusan  tujuan yang dibuat kelompok lain dan memberikan saran perbaikan.
  1. 1. Rangkaian digital
  2. 2. Mikroprosessor
  3. 3. Mikrokontroller
  4. 4. Komputer
  5. Antarmuka
2 x pertemuan (2 x 50 menit)
Buku Ajar/ Kertas warna/ flipchart/ lcd dan laptop
Penilaian kinerja

KD
Indikator
Pengalaman Belajar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan
Ajar/Media
Penilaian

Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa mampu membuat perangkat lunak pengolahan data
Mahasiswa dapat :
1. Merencanakan perangkat  lunak sesuai kebutuhan
2. Membuat diagram alir perencanaan perangkat lunak
3. Membuat perogram

1. Mahasiswa  bekerja dalam kelompok   membuat diagram alir untuk perencanaan  program dan mempresentasikannya dalam flipchart.

2.  Bersama dosen kelompok mahasiswa menilai masing-masing hasil kerja kelompoknya.

3. Mahasiswa melihat hasil program dengan simulator
1. Diagram Alir
2. Perancangan perangkat lunak
3. Pemrograman perangkat lunak
2 x pertemuan (2 x 50 menit)
Buku ajar/ flip chart/ LCD/ lap top
Penilaian kinerja

KD
Indikator
Pengalaman Belajar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan
Ajar/Media
Penilaian

Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa dapat merancang dan membuat sistem instrumentasi berbasis komputer
Mahasiswa dapat:
1. Merencanakan spesifikasi sistem instrrumentasi
2. Membuat diagram blok dan diagram alir sistem instrumentasi
3. Membuat perangkat keras sistem instrumentasi
1.  Mahasiswa menanggapi rumusan  pesan yang ditayangkan dosen lewat LCD, kemudian  mahasiswa bersama dosen  menyusun  instrumentasi berbasis komputer.

2.  Mahasiswa bekerja dalam kelompok  menyusun diagram alir, diagram blok dan  perangkat keras sistem instrumentasi.

3.  Hasil kerja kelompok di dipamerkan sehingga setiap mahasiswa dapat  mempelajari cara membuat sistem instrumentasi.
1. Spesifikasi sistem
2. Diagram blok  Perangkat keras
1 x pertemuan (3 x 50 menit)
Buku Ajar/ kertas warna/ flipchart atau  karton warna / laptop-lcd
Penilaian kinerja

0 komentar:

Posting Komentar